Diet Akins

Diet Atkins dapat dibilang sebagai diet rendah karbohidrat tinggi protein yang sangat populer. Diet ini kesatu kali dikenalkan oleh Dr. Robert C. Atkins yang pun seorang kardiolog, di mula tahun 70-an. Belakangan memang tidak sedikit pro dan kontra yang berkembang tentang ketenteraman diet tersebut, tetapi tak tidak banyak orang yang tetap mencobanya. Teori diet Atkins menuliskan bahwa dengan menambah konsumsi makanan yang berisi protein dan tidak santap karbohidrat sama sekali Selama 2 minggu kesatu, tubuh akan membina ketosis, suasana dimana tubuh memakai lemak sebagai bahan bakar.

Setelah 2 minggu atau yang dinamakan tahap ke-2, kita boleh mengkonsumsi karbohidrat, walau melulu dalam porsi yang amat paling sedikit. Cara ini akan menciptakan tubuh menjaga kadar insulin tetap rendah dan menghentikan tubuh mengolah makanan menjadi lemak. Teorinya ialah bahwa santap terlalu tidak sedikit karbohidrat akan menyanjung kadar gula darah. Pada gilirannya urusan ini bakal menghasilkan insulin, yang dengan cepat mengarah ke aliran darah dan mengubah keunggulan gula darah menjadi lemak yang dinamakan triglycerides, yang nantinya tersimpan sebagai lemak tubuh. sesudah itu, terdapat dua etape lagi yang mesti dijalankan dalam diet ini yaitu, premaintenance dan maintenance. Pada etape ini Anda melulu tinggal menjaga diet Anda, sekaligus mulai menyaksikan hasilnya.

Yang dijanjikan
Pada cover kitab ini tertulis “the no hunger, luxurious weight-loss plan that really works”. Buku ini menjanjikan bahwa Anda bakal dapat menurunkan berat badan, tetapi tidak bakal merasa lapar. “Anda akan menyaksikan bagaimana lemak mencair seiring dengan tubuh yang sehat dan langsing. Diet Atkins bakal mendorong metabolisme tubuh kita dan begitu metabolisme kita berubah, tubuh Anda bakal menyesuaikan diri secara otomatis dengan teknik pembakaran lemak yang baru.” Di samping itu, dengan mengontrol kadar insulin tetap rendah, mereka yang mendetita penyakit jantung, hipertensi dan diabetes bakal menampakkan adanya peradaban klinis yang lumayan berarti.

Dapatkah berhasil?
Konon, terdapat ribuan orang yang menuliskan mereka sukses menurunkan berat badan lewat cara diet Atkins. Tapi apakah ada kitab ilmiah yang kuat? “Ya, diet ini memang sukses untuk jangka pendek (3-6 bulan), jauh lebih baik daripada diet lainnya,” kata berpengalaman gizi familiar dari AS Wendy Martinson. Namun, dalam jangka panjang, suatu studi yang dipubiikasikan dalam the New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa setahun lantas mereka yang berdiet tidak merasakan penurunkan berat badan yang bertolak belakang dengan mereka yang mengekor diet rendah lemak konvensional.

Wendy pun meragukan teori ilmiah yang mendasarinya, sebab makanan berprotein tetap memicu respon insulin. Keju, menurutnya, kadangkala mendorong naiknya kadar insulin lebih tidak sedikit dibandingkan pasta atau bubur. Walaupun orang dengan diet ini santap lebih tidak sedikit daging, namun bisa jadi besar mereka meminimalisir total kalori dengan teknik makan lebih tidak banyak karbohidrat atau makanan tinggi kalori lainnya. Karena sebenarnya, kelaziman mi menciptakan Anda lebih selektil memilih makanan, dan urusan itu dominan pada penurunan total asupan kalori, apapun tipe diet yang kita ikuti.

Kekurangan
Ketakutan utama ialah makanan yang tinggi protein biasanya tinggi kadar lemak jenuhnya. Makan berprotein tinggi pun dapat menurunkan kadar kalsium yang dapat melahirkan terjadinya osteoporosis. Begitu pun dengan orang yang mempunyai masalah kesehatan laksana penderita liver dan ginjal, dapat mendapatkan stres yang tidak semestinya dampak tubuh mengupayakan untuk menghilangkan ketone. Ahli-ahli lainnya meneliti bahwa diet ini dapat menimbulkan masalah konstipasi, usus besar, ginjal atau naiknya kadar kolesterol. Anda pun akan merasakan bau mulut sebab naiknya ketone.

Robert H. Eckel, kepala komite nutrisi American Heart Association mengatakan bila diet ini tidak melewati riset yang lumayan untuk memback-up klaimnya. Sehingga ia menganjurkan untuk lebih berhati-hati. Ahli gizi Wendy Martinson memperingatkan supaya Anda tidak mengerjakan diet Atkins bila Anda tidak jarang berolahraga (4-5 kali seminggu). Karena guna berolahraga Anda memerlukan bahan bakar. Tubuh memang dapat mendapatkannya dengan menghanguskan antibiotics lemak, namun tidak secepat yang diperlukan tubuh Anda guna berolahraga. Akibatnya kita akan kelemahan energi.

Agar sukses untuk Anda
Jangan memanfaatkan diet ini sebagai alasan supaya Anda dapat seenaknya santap steak, keju atau makanan tinggi protein (juga lemak) lainnya. Variasakan sumber protein dan makanlah tidak sedikit ikan dan buah-buahan rendah Karbohidrat serta sayuran yang diperbolehkan, misalnya: tauge, jamur, seledri, lada, lobak, asparagus, kol, bayam dan terung. Anda dapat menggunakan diet Atkins ini sebagai langkah mula untuk program penurunan berat badan Anda, namun Jangan menggunakannya lebih dari 14 hari, demikian kata Dr. Wynnie Chan, berpengalaman gizi yang kerap mencatat di village.co.uk.

Satu respons untuk “Diet Akins

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s