Diet Rendah Kalori Cara Menurunkan Berat Badan

Diet Rendah Kalori Cara Menurunkan Berat Badan

diet rendah kalori

Memiliki berat badan yang berlebih barangkali menjadi masalah untuk sebagian besar orang. Banyak orang yang melakukan sekian banyak  hal guna menurunkan berat badan nya, dari mengerjakan diet, olahraga ketat, sampai mengonsumsi obat atau jamu. Namun apakah urusan itu efektif menurunkan berat badan? Apakah diet yang kita jalani ketika ini ialah diet yang sehat dan tidak memiliki akibat negatif pada kesehatan? Salah satu diet yang dianjurkan untuk dijalani oleh orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas ialah diet rendah kalori.

Diet rendah kalori, jenis diet yang sehat guna menurunkan berat badan

Diet rendah kalori ialah diet yang kandungan energinya di bawah keperluan normal, tetapi dengan vitamin dan mineral yang cukup, serta berisi tidak sedikit serat yang berperan urgen dalam proses penurunan berat badan. Kebutuhan kalori masing-masing orang berbeda-beda, tergantung dengan usia, tingkat kegiatan fisik, kedudukan kesehatan, gender, dan situasi mental mereka – merasakan stress atau tidak. Namun pada umumnya, kalori yang diperlukan untuk orang dewasa ialah rata-rata 2000 kalori.

Karena masing-masing orang mempunyai kebutuhannya masing-masing, maka dapat saja keperluan mereka tidak cukup atau lebih dari 2000 kalori. Tetapi guna orang yang mempunyai berat badan berlebihan, entah tersebut gemuk atau obesitas, keperluan kalori normalnya mesti dikurangi supaya berat badannya pulang ke angka normal dan ideal. Pengurangan kalori ini tidak begitu saja dilaksanakan tanpa perhitungan, tetap saja tubuh membutuhkan energi guna menjalankan semua faedah tubuhnya dan urusan ini diperoleh dari pemenuhan keperluan kalorinya.

Apa destinasi dari diet rendah kalori?

Diet rendah kalori memang difokuskan guna menurunkan berat badan seseorang dan menciptakan berat badannya menjadi normal, namun tidak melulu itu, berikut ialah tujuan dari diet rendah kalori lainnya:

Mencapai dan menjaga status gizi cocok dengan umur, gender, dan keperluan fisik. Walaupun dalam diet ini, keperluan kalorinya dikurangi, namun pengurangan yang dilaksanakan tidak ekstrim dan tidak menyebabkan akibat negatif pada tubuh.

Mencapai indeks massa tubuh yang ideal yakni 18,5-25 kg/m2

Mengurangi asupan energi, sampai-sampai penurunan berat badan dapat terjangkau dan diduga bahwa berat badan bakal turun selama 1 hingga ½ kg dalam satu minggu. Tidak melulu itu, pastikan pun bahwa yang berkurang dari tubuh ialah sel lemak yang menyimpan lemak-lemak di tubuh, khususnya pada unsur pinggang dan perut.

Bagaimana teknik melakukan diet rendah kalori?

Jika memang Anda hendak mencoba diet rendah kalori guna menurunkan berat badan Anda, maka kriteria yang mesti dilaksanakan adalah:

  1. Energi rendah

Seperti yang telah dilafalkan sebelum-sebelumnya, energi mesti dikurangi secara bertahap. Tahapan ini disesuaikan pun dengan kelaziman makan, kualitas, serta kuantitas makanan yang dimakan. Bagi menurunkan berat badan sejumlah ½ hingga 1 kg dalam satu minggu, maka energi yang mesti dikurangi ialah sekitar 500 sampai 1000 kg/m2.

  1. Protein tidak banyak lebih banyak

Yaitu selama 1-1,5 gr/kgBB/hari atau setara dengan 15-20% dari keperluan total. Jika Anda mengerjakan diet rendah kalori sejumlah 1500 kalori, santap 56 hingga 75 gram protein sehari. Porsi protein yang agak lebih tinggi ini dimaksudkan untuk menangkal Anda kelaparan, sebab protein dapat membuat rasa lapar hadir sedikit lebih lama.

 

Sumber protein yang dianjurkan ialah daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur, daging asap, susu serta keju yang mempunyai sifat rendah lemak, tempe, tahu, kacang kedelai, dan sekian banyak  kacang-kacang lainnya yang disajikan tanpa minyak goreng. Sedangkan guna jenis protein yang mesti dihindari ialah semua makanan yang berlemak tinggi, laksana kulit ayam, kambing, jeroan, dan santan kental.

  1. Lemak secukupnya atau sedang

Dengan porsi lemak sejumlah 20-25% dari keperluan kalori total per hari. Sehingga, andai diet rendah kalori yang kita lakukan ialah sebanyak 1500 kalori, maka lemak yang mesti dikonsumsi dalam sehari yakni sekitar 33 hingga 41 gram lemak dalam satu hari.

Namun, tidak boleh lupa untuk menyaksikan sumber dari lemak yang kita makan. Yang terpenting di sini ialah pemilihan lemak yang tepat, usahakan untuk memungut sumber lemak yang berisi makanan lemak tidak bosan ganda yang kadarnya tinggi. Contoh sumber lemak yang mesti dihindari ialah minyak kelapa, kelapa, dan santan.

  1. Karbohidrat kompleks

Yang ditata lebih rendah dikomparasikan dengan porsi normalnya dalam sehari, yaitu sejumlah 55-65% karbohidrat. Pilih pun jenis karbohidrat yang perumahan sehingga menciptakan kadar gula darah langsung meningkat.  Sumber karbohidrat yang dianjurkan ialah jenis karbohidrat kompleks yakni nasi, ubi, singkong, talas, kentang, dan sereal. Sedangkan makanan yang tidak dianjurkan ialah mengonsumsi karbohidrat simpel yang terdiri dari gula.

Di samping itu, dalam diet rendah kalori juga dianjurkan untuk:

  1. Makan berat sejumlah 3 kali dan 2-3 kali ialah makanan selingan
  2. Vitamin dan mineral lumayan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Cairan yang mesti dikonsumsi masing-masing malam yakni 8-10 gelas/hari.
  4. Jenis makanan beda yang mesti dihindari, yaitu guna buah-buahan hindari durian, manisan buah, atau buah kaleng. Sedangkan segala jenis sayuran sebetulnya boleh dimakan, tetapi hindari sayuran yang dimasak dengan santan yang kental

Demikian uraian tentang Diet Rendah Kalori Cara Menurunkan Berat Badan, semoga bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang ingin menjalankan program diet secara sehat.

next article : Cara Diet Fiforlif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s