Apa itu KALKULATOR Berat Badan Ideal ?

cara menghitung berat badan ideal

Kalkulator berat badan ideal adalahsalah satu metode simpel untuk menilai kesehatan Anda. Mendapatkan berat badan yang ideal ialah impian seluruh orang. Kenyataannya berat badan berlebih dan berat badan kurang dapat membuat Anda merasakan masalah kesehatan. Oleh sebab itu, untuk lebih baiknya Anda perlu memahami kalkulator berat badan ideal supaya berat badan terkontrol dengan baik.

Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) dan lingkar pinggang ialah dua ukuran yang dapat dipakai sebagai cara skrining atau pengecekan dini guna memperkirakan kedudukan berat badan Anda, apakah berisiko terpapar penyakit atau tidak.

Ini Peranan Kalkulator Berat Badan Ideal

Pola santap sehat yang diimbangi dengan aktivitas, dapat membuat kita mempunyai berat badan yang sehat, dibanding Anda mengerjakan diet.

Untuk memahami apakah kita mempunyai berat badan ideal dan sehat atau tidak, Anda dapat menggunakan kalkulator berat badan ideal. Dalam kalkulator berat badan ideal, Anda mesti memasukkan angka yang mengindikasikan berat badan kita (dalam kilogram) dan tinggi badan kita (dalam sentimeter), lalu bakal dihitung secara otomatis berapa angka IMT Anda.

Cara perhitungan IMT ialah dengan membagi berat badan dalam kilogram (kg) dengan tinggi dalam meter kuadrat (kg/m2). Rentang klasifikasi IMT guna populasi warga Asia dan Eropa atau Amerika tidak banyak berbeda. Berikut keterangan bersangkutan IMT:

  • Nilai IMT Anda tidak cukup dari 18,5 (underweight).

Memiliki berat badan yang paling kurus atau underweight, rupanya tidak baik untuk kesehatan Anda, sebab hal ini dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita lemah, tulang menjadi rapuh, dan gampang merasa lelah. Bagi mengatasinya, kamu perlu menyiasatinya dengan pola santap gizi seimbang. Cukupi asupan karbohidrat, protein, dan lemak sehat, rajinlah mengonsumsi minimal lima porsi buah dan sayuran masing-masing hari, susu rendah lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

  • Nilai IMT kita 18,5 sampai 23,9 (normal).

Nilai IMT yang tergolong pada rentang angka ini dinamakan berat badan normal, bisa juga diartikan bahwa beda Anda termasuk pada kelompok yang memiliki berat badan ideal atau sehat.

  • Nilai IMT kita 24 sampai 25,9 (overweight).

Kategori overweight atau  berat badan berlibihan bisa menimbulkan sekian banyak  macam penyakit yang mengintai Anda, yaitu stroke, diabetes tipe 2, pelbagai jenis kanker, osteoarthritis, dan hipertensi. Bagi mengatasinya, Anda dianjurkan untuk meminimalisir asupan gula dan karbohidrat. Karena kedua jenis makanan ini dapat merangsang pengeluaran insulin, yakni hormon penyimpan lemak utama dalam tubuh. kita juga dianjurkan mengonsumsi lebih tidak sedikit protein laksana ikan dan telur, buah dan sayur, serta disarankan untuk minum air 30 menit sebelum makan.

  • Nilai IMT kita 26 atau lebih (obesitas).

Obesitas ialah kondisi di mana kita mempunyai jumlah lemak yang berlebihan di dalam tubuh kita. Obesitas tidak cuma dapat mengganggu aktifitas fisik dan penampilan Anda saja, namun pun mendatangkan risiko terpapar penyakit jantung, diabetes, dan desakan darah tinggi. Bagi mengatasinya, Anda dianjurkan untuk meminimalisir jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda, memilih asupan makanan yang lebih sehat laksana sayuran dan buah-buahan, rajin berolahraga, dan melakukan tidak sedikit aktivitas. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengawali program penanganan obesitas.

Cara Mendapatkan Berat Badan yang Sehat

Tabel Berat Badan Ideal

Untuk mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko kita terkena pelbagai masalah kesehatan, lho. Ada sejumlah cara guna mendapatkan berat badan yang sehat, di antaranya:

  • Olahraga

Rutin melakukan kegiatan fisik laksana olahraga, dapat membakar kalori dan menambah massa otot tubuh. Di samping itu, olahraga juga dapat menurunkan berat badan Anda. Tidak melulu itu, olahraga juga dapat membantu mengawal berat badan kita tetap ideal.

  • Kurangi masa-masa berada di depan layar

Orang yang sering menghabiskan tidak sedikit waktu di depan layar, seperti menyaksikan televisi, bermain video game, atau memakai komputer, ingin mempunyai berat badan yang berlebih. Setidaknya, Anda bisa menyisihkan masa-masa yang lumayan untuk berolahraga masing-masing hari dan istirahat yang cukup.

  • Konsumsi lima porsi sayur dan buah

Buah dan sayuran tidak melulu berisi vitamin dan mineral saja. Lebih dari itu, yaitu banyak mengandung serat yang dapat membuat perut kita kenyang. Mengonsumsi buah dan sayuran dapat menciptakan Anda tidak santap secara berlebihan. Dan urusan ini dapat membuat Anda menemukan berat badan yang ideal.

  • Jangan melewatkan sarapan pagi

Sarapan pagi memiliki guna yang spektakuler untuk Anda. Sarapan rupanya dapat menghanguskan kalori dan menyerahkan energi guna Anda melakukan kegiatan di siang hari. Melewatkan sarapan akan menciptakan Anda merasa paling lapar dan ingin makan lebih tidak sedikit pada saat santap siang, sampai-sampai asupan kalorinya menjadi lebih banyak.

Berat badan yang sehat dan ideal bukan hanyalah mimpi untuk Anda, andai Anda dapat menerapkan sejumlah hal di atas dengan baik dan benar. Jika kedudukan gizi kita jatuh pada kelompok berat badan tidak cukup (underweight), keunggulan berat badan (overweight), atau bahkan obesitas, demi amannya segera konsultasikan pada dokter guna mendapatkan penanganan lebih intens.

================================================================================

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s