Cara Diet Karbohidrat Dan Manfaatnya

Bila Anda termasuk orang yang menafsirkan diet karbohidrat dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, maka itu adalah salah. Diet karbohidrat tetap mewajibkan orang tetap mengonsumsi sumber makanan atau minuman yang berisi karbohidrat, tetapi dengan porsi yang lebih sedikit. Istilahnya pun dapat dinamakan sebagai diet rendah karbohidrat atau dalam bahasa lain a low-carb diet.

Secara alami Karbohidrat banyak terkandung pada biji-bijian, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan susu. Karbohidrat ini disebut pun karbohidrat kompleks. Di samping itu, terdapat pula karbohidrat rafinasi atau karbohidrat simpel pada tepung terigu atau gula, yang dipakai dalam makanan olahan. Misalnya nasi putih, roti, pasta, keik, permen, minuman soda, atau minuman manis lainnya.

Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Penyakit

Karbohidrat dipakai tubuh sebagai sumber energi utama. Segera sesudah dikonsumsi, karbohidrat akan dibagi menjadi gula dan diserap darah sebagai glukosa atau gula darah. Kemudian, tubuh akan menerbitkan insulin, sampai-sampai glukosa bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Glukosa yang tidak terpakai lalu ditabung di dalam hati, otot, atau sel beda yang juga dapat diubah menjadi lemak.

Hal berikut yang sebetulnya melatarbelakangi gagasan diet kabohidrat guna menurunkan berat badan. Dengan menurunkan asupan glukosa, maka diinginkan tubuh akan memproses lemak menjadi sumber energi. Diet karbohidrat bahkan dikatakan lebih efektif menurunkan berat badan dalam jangka pendek.Sangat berbeda dengan diet rendah lemak yang pada umunya untuk jangka panjang.

Manfaat yg juga sangat penting dalam diet karbohidarat adalah menurunkan trigliserida, yakni partikel yang membawa lemak yang mengalir dalam darah. Diet karbohidrat pun sekaligus menambah kadar HDL yang lebih dikenal sebagai kolesterol baik. Selain itu manfaat dari diet karbohidrat untuk menangkal serta menolong memperbaiki gangguan metabolisme, diabetes,hypertensi, serta penyakit kardiovaskular.

Meskipun demikian, tetap hindarilah penurunan asupan karbohidrat secara drastis. Asupan karbohidrat di bawah 20 gram tiap hari tidak cuma akan menciptakan tubuh mulai memanfaatkan lemak sebagai sumber energi,namun kemungkinan akan memunculkan efek samping. Efek samping itu antara lain berupa sakit kepala, lemas, bau napas tidak sedap, susah buang air besar, atau bahkan diare.

Porsi Diet Karbohidrat

Pada situasi normal, asupan karbohidrat yang dianjurkan lebih dari separuh total kalori. Bila setiap hari asupan 2.000 kalori, maka porsi karbohidrat antara 900-1300 atau sejumlah 225-325 gram.

Kemudian, berapa jumlah karbohidrat pada diet karbohidrat? Umumnya, karbohidrat diberi batas 60-130 gram yang berisi 240-520 kalori. Asupan karbohidrat tidak cukup dari 60 gram per hari, telah tergolong paling rendah.

Jika mengonsumsi makanan dalam kemasan, maka untuk memahami jumlah karbohidrat kita dapat menyimak label makanan. Di samping itu, Andabisa memperkirakan jumlah karbohidrat pada jenis makanan beda denganmemahami terlebih dahulu jenis makanan dan porsi karbohidrat di dalamnya.

Sebagai contoh, kita dapat mendapat  asupan 15 gram karbohidrat dalam sepotong roti, ½ cawan oatmeal, 1/3 cawan nasi atau pasta, 4-6 potong biskuit kraker, atau ½ dari roti burger.

Di samping itu, asupan karbohidrat 15 gram pun dapat didapatkan dariselama 1 cawan susu kedelai, 100 gram buah segar, ½ cawan buah dalam kemasan, ½ cawan sayur yang berisi tepung, 2/3 cawan yogurt tanpa lemak, secangkir sup, sepotong kecil keik, ½ cawan es krim, ¼ kentang goreng ukuran medium, serta satu sendok teh gula, madu, selai maupun sirup.

Untuk memperoleh guna diet karbohidrat optimal, tidak hanya diperlukan pembatasan asupan karbohidrat, namun pun jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Kacang-kacangan, sayur, buah, dan produk olahan susu rendah lemak dapat menjadi opsi karbohidrat yang sehat. Sementara itu, karbohidrat simpel seperti nasi putih, pasta, roti, dan permen manisdianjurkan dibatasi, bahkan dihindari.

Penting juga Anda lakukan selama menajalankan  diet karbohidrat adalah mencukupi asupan protein, misalnya ikan, ayam, daging, dan sayur. Studi menunjukkan, penurunan berat badan pada diet karbohidrat juga diakibatkan lebih tidak sedikit asupan protein dan lemak yang menciptakan rasa kenyang bertahan lebih lama.

Perlu dipahami bukan cuma jenis asupan yang bisa memengaruhi diet Anda, akan tetapi berapa kali Anda santap dalam sehari itu juga bisa memengaruhi kesehatan dan berat badan. Beberapa dokter menuliskan asupan lima kali sehari dengan jenis makanan tinggi serat dapat menjaga kesehatan pencernaan dan terhindar dari konstipasi (kesulitan buang air besar).

Saran/anjuran makan 5 X dalam sehari dapat jadi menurut teori diet dengan membagi asupan masing-masing 3 jam dalam sehari. Dimaksudkan bahwa tubuh tidak butuh menyimpan kalori sebab akan diperbaharui tiap 3 jam sekali, dengan kalori asupan terakhir lebih kecil dikomparasikan asupan beda seharian.

Sebuah penelitian menuliskan mengonsumsi kedelai 2 jam sebelum waktu santap berikutnya dapat menolong munurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Karena kedelai mempunyai kandungan karbohidrat yang tidak mudah dibagi sehingga kadar gula darah tidak melonjak naik. Makanan yang terdiri dari kedelai pun akan mengenyangkan lebih lama, sampai-sampai porsi santap berikutnya bakal lebih kecil. Keadaan ini bisa membuat berat badan turun dan terhindar dari obesitas.

Anda tertarik untuk mengerjakan diet karbohidrat ? Jangan lupa, akan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau berpengalaman nutrisi. Sesuaikan diet karbohidrat kita dengan situasi dan kondisi kesehatan masing-masing.

support by :

fiforlifindo.com

==========================================================================

2 respons untuk ‘Cara Diet Karbohidrat Dan Manfaatnya

Tinggalkan komentar