Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh

Mengapa penting bagi kita membahas dan mengetahui keperluan kalori tubuh kita per hari?Ya, karena kalori  merupakan suatu unit pengukuran untuk mengetahui berapa jumlah energi dalam makanan. Ketika kita makan atau minum, itu artinya kita memberi energi (kalori) pada tubuh kita.Nah merupakan  engine yg vital bagi tubuh untuk menopang metabolisme tubuh setiap saat, kekurangan kalori akan membuat tubuh jadi lemah , jika kelebihan kalori maka bisa membuat tubuh kita tidak balance.Mari kita simak sama-sama Terutama bagi Anda yang :

  1. Ingin menurunkan berat badan.
  2. Ingin menggemukkan badan
  3. Membutuhkan perawatan pengobatan penyakit diabetes, kolesterol, dan sebagainya

Yah, berikut ilmu basic yang penting Anda ketahui, seandainya Andatergolong 3 orang yang dilafalkan di atas barusan. Sebab, kalori iniialah energi tubuh kita, manusia. Kalori tersebut satuan unit energi.

Bila kita tidak mengontrol berapa kalori makanan dan minuman yang kita santap dalam sebuah hari, dan tidak pula mengontrol berapa kalori yang kita butuhkan untuk mengerjakan berbagai kegiatan sehari-hari kita, pantaslah kita jadi terheran-heran mengapa tiba-tiba kita jadi gemuk, atau kurus. Karena permasalahan kalori ini, erat kaitannya dengan metabolisme tubuh.

Detail why-nya insya Allah bakal kita kupas di tulisan lain. Karena tujuan pemakaian data berupa angka keperluan kalori itu bermacam-macam. Relatif. Maka dari itu, jadi disini anda akan konsentrasi membahas bagaimana metodenya menghitung keperluan kalori tubuh kita dalam 1 hari.

Rumus guna Menghitung Kebutuhan Kalori

Adapun formula hitungan guna mengetahui keperluan kalori tubuh kita per hari ialah = BMR x nilai level aktivitas.

Nah, sebelum Anda dapat menghitung keperluan kalori tubuh kita per hari, Anda mesti dapat dulu memahami berapa BMR (basal metabolic rate) Anda. BMR itu ialah energi/kalori yang diperlukan selama sehari, dalamsituasi istirahat (nggak ngapa-ngapain).

  • Rumus untuk memahami BMR laki-laki = 66,4730 + (13,7516 x BB kg) + (5,0033 x TB cm) – (6,7550 x usia)
  • Rumus untuk memahami BMR wanita = 655,0955 + (9,5634 x BB kg) + (1,8496 x TB cm) – (4,6756 x usia)

Yang dimaksud dengan :

  • BB disitu ialah berapa berat badan Anda, dalam satuan kg.
  • TB disitu ialah berapa tinggi badan Anda, dalam satuan cm.
  • Dan kali ( X ) umur disitu ialah berapa umur Anda saat ini.

Jika sudah ditemukan berapa BMR-nya, selanjutnya kalikan dengan nilai level aktivitas ( kegiatan ). Adapun nilai level kegiatan itu merupakan:

  1. Tidak aktif = 1,2. Tidak berolahraga sama sekali dalam seminggu.
  2. Aktivitas Ringan = 1,375. Berolahraga selama 1-3 kali dalam seminggu.
  3. Aktivitas sedang = 1,55. Berolahraga selama 3-5 kali dalam seminggu.
  4. Aktivitas berat = 1,725. Berolahraga selama 5-6 kali dalam seminggu.
  5. Aktivitas paling berat = 1,9. Berolahraga selama 2 kali dalam sehari, termasuk olah fisik berat, atau memang job desc-nya full kegiatan fisik.

Berikut Contoh Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Sekarang, mari kita praktekkan. Kita masuk ke contohnya. Misal, terdapat seseorang yang namanya Shinta. Si Shinta ini:

  • Perempuan
  • Berat badannya 53,5 kg
  • Tinggi badannya 165,6 cm
  • Usianya 27 tahun
  • Level aktivitasnya sedang

Kemudian masukkan data-data si Shinta itu ke rumus, untuk memahami berapa BMR-nya, lantas berapa keperluan kalorinya.

BMR-nya Shinta = Jenis kelamin + (9,5634 x BB kg) + (1,8496 x TB cm) – (4,6756 x usia)

= Perempuan + (9,5634 x BB kg) + (1,8496 x TB cm) – (4,6756 x usia)

= 655,0955 + (9,5634 x BB kg) + (1,8496 x TB cm) – (4,6756 x usia)

= 655,0955 + (9,5634 x 53,5 kg) + (1,8496 x 165,6 cm) – (4,6756 x 27)

= 655,0955 + 511,6419 + 306,29376 – 126,2412

= 1.346,78996

Nah,segitulah BMR-nya Shinta, 1.346,78996. Lalu, terakhir, guna menghitung berapa keperluan kalori yang dibutuhkan Shinta, sekarang tinggal dikalikan dengan level aktivitasnya (sedang = 1,55).

Kebutuhan kalori Shinta= BMR x level aktivitas

= BMR x level kegiatan sedang

= 1.346,78996 x 1,55

= 2087,524438 kkal

Segitulah keperluan kalorinya si Shinta, 2087,524438 kkal. Bisa pulaanda sederhanakan, anggaplah jadinya 2088 kkal. Dengan begitu, dapat diketahui, bahwa tubuh si Shinta memerlukan 2088 kkal untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Namun, sebenarnya Anda dapat mengetahui berapa keperluan kalori kita tanpa repot coret-coret di kertas, ataupun memegang kalkulator. Andadapat mengetahuinya lumayan mudah, yaitu dengan teknik meng-input data-data tubuh kita (jenis kelamin, usia, berat badan, dan tinggi) disitus FatSecret Indonesia. Atau dapat juga di software Android Penghitung Kalori-nya FatSecret tersebut.

Terus, bagaimana caranya dapat tahu berapa jumlah kalori yang terdapat pada sebuah makanan? Gampang, sering di masing-masing bagian belakang kemasan makanan dan minuman tersebut kan ada tertera nilai informasi gizi (nutrition facts)-nya.

Kalau contohnya suatu makanan tersebut tidak terdapat kemasannya, seperti Nasi, buah-buahan, lauk-pauk, dan sebagainya, dapat Anda search di Google, atau ada pun kok list-nya di beberapa software Android. Di situs FatSecret Indonesia atau di software Android Penghitung Kalori-nya FatSecret tersebut tadi pun ada.

Nah, nanti dari sinilah kita jadi tahu bila misalnya Anda hendak menurunkan berat badan Anda. Bila keperluan kalori Anda ialah 2088 kkalpun sama laksana si Shinta, berarti nanti kenyataannya Anda dapat hanya memasukkan 1788 kkal saja ke tubuh Anda, agar insya Allah berat badan Anda dapat turun. Dengan kata lain, Anda meminimalisir 300 kkal.

Jika ingin menggemukkan badan, secara simpel Anda tinggal membalik saja, lakukan saja pola sebaliknya. Sekiranya keperluan kalori tubuh kita per hari ialah 2088 kkal, maka silahkankita konsumsi makanan dan minuman yang total kalorinya ialah 2388 kkal. Begitu misalnya secara umum. Tentunya nanti butuh pula terdapat kitakupas pengkhususan dari misal umum tersebut.

Begitulah kurang-lebih seputar bagaimana metodenya menghitung keperluan kalori tubuh anda dalam sebuah hari. Adapun rinci program dan langkah-langkah bagaimana menurunkan berat badan, dapat Anda simak klik di sini. Kalau mengenai program detail cara menaikkan berat badan, atau destinasi lainnya, insya Allah bakal kita kupas di tulisan yang berikutnya.

Semoga bermanfaat- salam hidup sehat.

===========================================================================

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s