Pola Hidup Vegetarian yang Sehat

Secara umum Pola Makan Vegetarian  disebut  sebagai pola komsumsi sehari-hari dengan tidak memakan daging. Namun, sebetulnya masih ada sebagian penganut vegetarian yang masih mengonsumsi beberapa jenis daging atau produk olahan dari unsur hewani. Agar pola santap vegetarian tetap sehat, sebaiknya bila tetap memperhatikan ekuilibrium kandungan nutrisi di dalamnya,dimana keseimbangan kecukupan nutrisi terenuhi dan cocok dengan kondisi jasmani tiap individu. Alasan seseorang menjadi vegetarian bermacam-macam, beberapa di antaranya karena untuk kepentingan kesehatan. Memang memang banyak sekali faedah pola makan vegetarian ini untuk kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga berat badan dan tingkat kolesterol yang lebih sehat, serta menurunkan resiko penyakit jantung. Di samping itu, bagi seorang vegetarian akan semakin kecil  menderita hypertensi atau tekanan darah tinggi, kanker prostat, kanker usus besar dan diabetes tipe 2.

Mengenal Jenis-jenis Pola Makan Vegetarian

Sebagian besar orang berpikir, andai sudah merealisasikan pola santap vegetarian maka produk yang dikonsumsi melulu yang berasal dari nabati. Padahal tidak seluruh vegetarian demikian. Berikut ini ialah beberapa jenis pola santap vegetarian.

Flexitarian atau Semi vegetarian

Vegetarian ini dalam pola makannya mengonsumsi makanan dari tumbuhan, tetapi masih sesekali mengonsumsi daging, produk susu, telur, unggas dan ikan, tetapi dalam jumlah yang sedikit.

Lacto Vegetarian

vegetarian Pola santap vegetarian ini tidak memasukkan daging, ikan, unggas dan telur di dalam menu makanannya, namun masih mengonsumsi produk-produk yangdidapatkan dari susu, laksana keju, yoghurt, dan mentega.

Ovo-vegetarian.

Ini kebalikan dari lacto vegetarian, pola makan kumpulan vegetarian ini tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas dan produk susu, tetapi masih mengizinkan konsumsi telur.

Lacto-ovo vegetarian.

Pola santap vegetarian ini tidak menyertakan seluruh jenis daging, namun tetap mengonsumsi telur dan susu.Merupakan pola santap vegetarian yang sangat ketat dengan meniadakan konsumsi daging, ikan, unggas, telur, susu, serta produk olahan susu ke dalam pola makan.

Zat Gizi Utama yang Musti Diperhatikan Vegetarian

Dengan bermodal pemahaman dan perencanaan yang baik, pola santap vegetarian tidak akan merintangi tubuh Anda mendapatkan  asupan nutrisi secara seimbang. Vegetarian bisa memperoleh pelbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh, walau tidak menyertakan produk hewani.

Berikut ini ialah nutrisi yang butuh mendapatkan perhatian dari pola santap seorang vegetarian :

  1. Protein

Protein akan menolong kulit, tulang, otot, dan organ tubuh lain guna tetap sehat. Susu dan produk olahan adalahsumber protein. Terkait polasantap vegan, sumber protein dapat didapatkan dari produk kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Penting guna mengonsumsi pelbagai jenis sumber protein itu untuk memenuhi keperluan tubuh tiap hari.

 

2. Kalsium

Tubuh kita memerlukan kalsium untukmembina tulang dan gigi sehat. Biasanya kalsium didapatkan dari produk-produk susu dan olahan, tergolong yoghurt dan keju. Untuk mereka yang merealisasikan polasantap vegetarian, khususnya vegan, sumber kalsium dapat didapatkan dari produk kedelai laksana tahu dan tempe, beras atau oat yang telah melewati proses fortifikasi atau diserahkan zat-zat tambahan, tahu, biji wijen, kacang-kacangan, roti dengan ekstra kalsium, dan buah-buahan kering laksana kismis.

  1. Vitamin D

Untuk menyerap kalsium, tubuh memerlukan vitamin D. Untuk seorang vegetarian, selain buatan vitamin D oleh tubuh sendiri dengan pertolongan sinar matahari, zat ini dapat didapatkan dari sereal dan minuman kedelai yang telah dilengkapi vitamin D. Di samping itu, konsumsi suplemen vitamin D dapat menjadi opsi lain. Baca label produk sebelum melakukan pembelian untuk meyakinkan tidak terdapat kandungan produk-produk hewani.

  1. Lodin

Bermanfaat sebagai di antara komponen hormon tiroid yang menolong mengatur metabolisme, pertumbuhan, dan faedah organ-organ tubuh utama. Penganut pola santap vegetarian berisiko guna tidak menemukan asupan iodin yang mencukupi. Dari  itu,mereka bisa mengonsumsi sejumlah jenis makanan, misalnya saja kacang kedelai, kentang manis, dan jenis sayuran kubis. Contoh sayur-sayuran kubis ialah brokoli, bok choy, dan kembang kol. Di samping itu, selama seperempat sendok garam dengan ekstra iodinpun dapat menolong memenuhi keperluan tersebut.

  1. Vitamin B12.

Tubuh memerlukan vitamin B12 untuk mengawal sistem saraf dan darah tetap sehat. Amat disayangkan, zat gizi ini banyak ditemukan secara alami pada produk-produk hewani. Bagi pengikut pola hidup vegetarian, produk-produk yang bisa menjadi sumber vitamin B12 paling terbatas. Beberapa produk laksana sereal atau minuman susu kedelai yang telah dilengkapi dengan fortifikasi vitamin B12 bisa menjadi pilihan. Namun terdapat baiknya mempertimbangkan suplemen ekstra untuk memenuhi keperluan tubuh.

  1. Zat Besi.

Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh sebab produksi sel darah merah di dalam tubuhmemerlukan zat ini. Beberapa jenis makanan yang bisa dipilih sebagai sumber zat besiialah biji-bijian, tepung dan roti yang tercipta dari gandum utuh, sereal yang diperkaya dengan zat besi, serta sayuran berwarna hijau laksana brokoli, bayam, kacang-kacangan, serta buah yang dikeringkan.

  1. Asam Lemak Omega-3.

Zat nutrisi ini urgen untukmengawal kesehatan jantung. Asam lemak umumnya tidak sedikit diperoleh dari ikan dan telur. Untuk pola santap vegetarian yang tidak mengonsumsi produk tersebut, asam lemak omega-3 dapat didapatkan dari sekian banyak  jenis minyak guna memasaklaksana minyak kanola, minyak kedelai, dan kacang kedelai. Jika asupan dirasa belum mencukupi, Anda bisa mengonsumsi produk yang sudah difortifikasi atau suplemen tambahan.

  1. Seng (Zinc).

Zat ini sangat bermanfaat di dalam proses pembelahan sel dan pembentukan protein. Unsur Zink / Seng yang berasal dari nabati jika dibandingkan dengan seng yang berasal dari hewani lebih susah diserap . Jika kita masih mengonsumsi produk olahan susu, maka keju bisa menjadi sumber zat seng. Selain tersebut seng pun dapat didapatkan dari biji-bijian utuh, produk kedelai, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Langkah-langkah Awal Menjadi Vegetarian

Jika ketika ini kita tengah mempertimbangkan untuk merealisasikan pola santap vegetarian, tidak boleh terburu-buru. Pelajari terlebih dahulu. Pertimbangkan mana yang tepat dan benar-benar dapat Anda lakukan. Berikut ini ialah beberapa urusan yang dapat menolong memperlancar proses merealisasikan pola santap vegetarian. Kurangi asupan hewani secara bertahap. Tingkatkan konsumsi makanan nabati tiap minggu. Nikmati nasi dengan sup sayuran atau sayur tumis. Cermat menggali pengganti daging. Buat satu resep kesayangan Anda,namun kali ini tidak boleh tambahkan daging. Misalnya, perbanyak jenis sayuran dan kacang-kacangan pada hidangan sup, dikomparasikan menambahkan ayam atau daging. Atau, sajikan tempe atau tahu goreng sebagai asupan protein. Acara santap di restoran terkadang bisa menyulitkan untuk yang merealisasikan pola santap vegetarian. Jika ada pilihan mi, maka mohon dengan gabungan sayuran guna Anda. Jika diperlukan,mohon sajian biasa tetapi dengan perlakuan khusus, tidak menyertakan daging atau produk-produk beda yang kita hindari. Cari menu dan resep vegetarian melewati internet atau buku. Pilih yang cocok dengan selera Anda. Makin tidak sedikit jenis makanan yang kita konsumsi, maka kian besar bisa jadi asupan nutrisi bisa terpenuhi. Menjadi vegetarian pun berarti Anda mesti mengetahui nilai-nilai gizi dalam makanan yang kita konsumsi. Seimbangkan opsi makanan Anda guna mendapatkan asupan gizi yang tepat supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Terutama jika pada anak-anak, dengan pola santap vegetarian.Karena usia anak-anak adalah sedang dalam masa pertumbuhan, maka dari itu sebagai orang tua penting sekali untuk memperhatikan dan menyesuaikan keperluan nutrisi demi menyokong proses tumbuh kembang mereka, baik secara fifik maupun mental serta daya mereka.

support by :

================================================================================

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s