Mengapa DIET sering GAGAL ?

Banyak orang dengan semangat menggebu-gebu pada awalnya ingin menjalani diet dengan ekspektasi akan menurunkan berat badan, memperbaiki bentul tubuh dan penampilan, atau mungkin sekedar ingin mengecilkan perut buncit. Memang sich, hari-hari pertama sampai dengan sekitar 1 minggu biasanya orang masih konsisten menjalaninya.Dan biasanya masalah akan timbul mulai minggu kedua.Masalah-masalah itulah yang menajadi penyebab gagalnya orang menjalankan proses dietnya.Dari mana masalah-masalah itu timbul ? Biasanya penyebab utamanya adalah dari hati dan pikiran orang itu sendiri.

Mari kita simak berbagai masalah penyebab diet gagal dan sekaligus solusi mengatasinya :

  1. Diet kamu terlalu ketat dan pada akhirnya kamu makan sebanyak barangkali makanan pantangan anda

Diet yang sedang kamu jalani  menghalangi kamu untuk mengkonsumsi seluruh makanan yang kamu sukai laksana coklat, keju, es krim dan keripik.  kita pun lantas merasa bahwa kesukaan pribadi kamu dirampas.  Selama sejumlah minggu kamu mungkin dapat bertahan.  Akan tetapi, lama kelamaan kamu akan merasa jenuh dengan pola diet yang monoton, dan kamu menyerah.  Saat kamu menyerah, kamu pun pada akhirnya bakal memakan seluruh makanan pantangan kamu dan bakal selalu menuliskan bahwa kamu masih sedang diet.  Yaah…anda akan membantah tuduhan bahwa kamu tidak lagi menjalani diet.

Solusi  : sepotong kecil coklat atau tidak banyak keripik tidak bakal menggagalkan diet yg sedang Anda jalani.  Biarkan diri kamu sesekali merasakan makanan favorit kamu dalam porsi yang sewajarnya.

  1. Kita menyadari bahwa diet kamu hanya proses yang temporary, dan bukan merupakan suatu gaya hidup

Bisa jadi kamu menurunkan berat badan sebelumnya hanya untuk kepentingan adanya acara eksklusif atau pesta.  Dan kemudian kamu tidak lagi dapat kembali pada kebiasan makan kamu setelahnya.  Berat badan kamu pun akan naik kembali.  Diet kamu hanya sementara, bukan untuk mengolah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat.

Solusi : Saat diet manfaatkan program diet kamu untuk mencoba beberapa  jenis makanan yang sehat, buah-buahan tertentu.  Hal ini bertujuan agar setelah program diet selesai kamu bisa menemukan/melanjutkan  pola makan makanan sehat sehari-hari, supaya berat badan tidak kembali naik.

3.Biasanya orang tidak sabar dengan hasil dari dietnya.

Sekali kamu membuat keputusan guna menurunkan berat badan, maka kamu menginginkan program kamu cepat berlalu secepat mungkin.  Jika kamu hanya turun selama setengah sampai satu kilogram per minggu, akan kamu merasa frtustasi.  Anda juga bertanya, bagaimana dengan yang sukses menurunkan sampai 15 kg dalam sebulan? Mengapa saya tidak bisa?  Setelah sejumlah minggu, kamu akan menyerah dan berkesimpulan bahwa kamu gagal sebab berat badan kamu tidak turun cocok dengan yang kamu harapkan.

Solusi  :  Senantiasa selalu ingatkan diri kamu bahwa bakal butuh sejumlah bulan berat badan kamu naik, dan bakal butuh sejumlah waktu pun untuk menurunkannya.  Ingatlah bahwa orang yang merasakan penurunan berat badan secara perlahan bakal lebih gampang mempertahankannya dalam jangka masa-masa yang lama.

  1. Kita menyerah pada kata “makan seluruh atau tidak sama sekali”

Suatu hari kamu makan coklat dengan secangkir kopi.  Saat kamu memakannya, kamu pun menyimpulkan bahwa diet kamu gagal.  kita juga dapat saja tidak memperdulikan pizza pada siang hari, namun kemudian kamu makan dengan lahap pada malam harinya.  Setelahnya andapun masih kelur santap malam.  Anda barangkali akan berhenti diet pada ketika itu.

Solusi  :  katakan pada diri anda, bahwa satu keping kue tidak bakal merusak diet anda.  Satu hari yang buruk tidak butuh menjadi minggu atau bahkan bulan yang buruk untuk diet anda.  Fokuslah pada menciptakan pilihan makanan yang baik, bukan yang sempurna.

  1. Metabolisme kamu melambat

Jika kamu mempunyai riwayat diet yo yo ( berat badan kamu turun & lantas naik lagi ), maka tubuh kamu akan  “belajar” guna  tepat guna dengan makanan. Itu berarti bahwa kamu membakar lebih tidak banyak kalori ketika istirahat, dan saat kamu makan berlebihan, tubuh kamu akan lebih banyak lagi menyimpan lemak .  Dan bakal semakin susah untuk menurunkan berat bada dan mempertahankannya.

Solusi  :  berolahragalah secara teratur saat kamu sedang menjalani program diet.  Olah raga teratur ini akan menciptakan tubuh kamu memecah dan menghancurkan dan membuang lemak yang tersimpan sebagai sumber energi.  Misal latihan senam aerobik,lari,bersepeda, itu sangat membantu mengawal tingkat metabolisme anda.Yang penting lakukan dengan senang dan konstisten, minimal selama menjalani diet.

Demikian, paparan singkat beberapa hal yg selama ini menjadikan kita mengalami kegagalan saat menjalani program diet.Untuk cara diet sehat yang lain Anda bisa membacanya pada sesuai judul artikel pada situs ini.

================================================================================

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s