Pentingnya Sarapan dan Makan Malam Selama Diet

Siapa bilang sarapan dan santap malam dapat membuat anda gemuk? Nyatanya, santap tiga kali sehari malah menyehatkan. Asal, makanan yang dikonsumsi pun sehat.

Salah besar andai kamu tidak sarapan sebab takut berat badan naik. Sarapan malah membuat berat badan anda lebih dapat dikontrol. Berat badan orang yang suka sarapan justru akan bisa membuat berat badan lebih terkontrol apabila dikomparasikan dengan mereka yang tidak suka sarapan di pagi hari.

Kenapa begitu? Berdasarkan keterangan dari satu teori, sarapan yang sehat dapat meminimalisir rasa lapar sepanjang hari dan menolong kita memilih menu makanan beda yang sehat juga. Sebab bila tidak sarapan, kita tentu akan kelaparan. Hasilnya, anda jadi santap lebih tidak sedikit saat santap makan siang dan makan-makan lainnya.

Tidak melulu mampu mengendalikan berat badan, sarapan yang sehat menyerahkan kita energi guna beraktivitas sepanjang hari. Sarapan pun mampu meningkatkan fokus dan kinerja kita, mengawal daya tahan tubuh, dan bahkan menurunkan kadar kolesterol.

menu sarapan tinggi protein

Yang butuh dicatat, sarapannya tidak boleh asal ditelan. Berdasarkan keterangan dari sebagian besar penelitian, sarapan sehat yang berisi protein dan/atau biji-bijian utuh berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Bukan sarapan dengan menu yang penuh akan lemak dan kalori.

Karena dengan menu sarapan kaya protein dan serat tersebut, anda akan merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan dapat terkendali sepanjang hari. Jangan lupakan pula menyertakan buah-buahan dan sayuran yang kaya bakal vitamin dan mineral.

Di samping tidak hendak sarapan, tidak sedikit juga orang yang tak mau makan malam agar timbangannya tidak meningkat atau bergerak jauh ke kanan. Padahal santap malam tersebut tidak dilarang, loh, asal ukuran atau jumlahnya saja yang dikurangi. Yang dianjurkan untuk dihindari ialah ‘ngemil’ atau santap lagi setelah santap malam. Dua urusan tersebutlah yang menjadi hal pendukung berat tubuh naik berkilo-kilo.

Jika anda sudah santap malam namun perut tetap asyik keroncongan, dianjurkan untuk minum minuman bebas kalori atau santap satu bungkus permen saja. Di samping itu, meminimalisir godaan ‘ngemil’ di tengah malam juga dapat dilakukan dengan menyikat gigi setelah santap malam. Kalau telah sikat gigi, tentu malas untuk santap satu bungkus keripik kentang, cookies, atau es krim lagi.

Sebenarnya santap tiga kali sehari – sarapan, santap siang, dan santap malam – tersebut menyehatkan. Bahkan menurut keterangan dari penelitian etape awal, orang yang santap tiga kali sehari mempunyai kadar lemak dalam darah yang lebih rendah. Yang urgen ingat kata kuncinya, pilihlah menu makanan sehat yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, produk susu bebas lemak atau rendah lemak, daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan telur.

Jangan lupa guna memilih penganan yang rendah kandungan lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam, dan gula tambahan. Di samping itu, simaklah pula keperluan kalori harian Anda cocok usia dan jenis kelamin.

Jadi, bila mau berat badannya turun, yuk, sarapan, santap siang, dan santap malam yang sehat. Jangan tak sempat olahraganya juga, yah.

support by ;

FIFORLIF

Fiforlif, solusi masalah lemak dan koleterol

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s