Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

  Mengonsumsi makanan yang sehat dapat menolong Anda meminimalisir tingkat kolesterol dalam darah.

Kolesterol sudah tidak lagi hanya menjadi masalah orang tua, bahkan pada umur muda juga seseorang dapat menderita kolesterol. Penyebabnya pelbagai dan salah satunya ialah kurang mengonsumsi makanan sehat.

Banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat menambah kadar kolesterol. Jika kolesterol telah bersarang di tubuh anda maka dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke dan sejumlah penyakit lainnya. Jika Anda telah terlanjur menderita kolesterol tinggi, telah seharusnya Anda mengawal makanan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Guna menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, Anda memerlukan makanan yang sehat yang bisa menurunkan kolesterol. Berikut ini ialah makanan yang baik guna Anda konsumsi:

  • Makanan yang berisi kacang kedelai. Makanan laksana puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu berisi protein yang dapat meminimalisir kolesterol dalam darah. Mengonsumsinya sejumlah 0,5 ons dalam sehari dapat mengurangi kolesterol Anda minimal 6%.
  • Buah dan sayuran. Tidak butuh diragukan lagi, andai Anda hendak lebih sehat usahakan kita mengonsumsi lebih tidak sedikit buah dan sayur. Kenapa? Karena buah dan sayur adalahmakanan dengan lemak bosan yang rendah. Jika kita mengonsumsinya lebih tidak sedikit maka Anda bakal lebih merasa kenyang sampai-sampai mengurangi bisa jadi mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Konsumsi makanan yang kaya bakal serat laksana brokoli, apel, pir, ubi, stroberi dan terung bisa menurunkan kolesterol.
  • Kacang-kacangan. Kacang dapat mengurangi kolesterol dalam darah sebab berisi protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Anda dapat menurunkan kolesterol Anda sejumlah 5 % andai mengonsumsi selama 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari.
  • Jelai dan oat. Mengonsumsi lebih tidak sedikit kedua jenis makanan ini dapat mengikat kolesterol dalam usus dan mencegahnya diserap oleh tubuh. Hal ini terjadi sebab kedua jenis makanan ini berisi serat yang dinamakan beta glukan. Konsumsi selama 3 gram makanan yang kaya bakal beta glukan dalam sehari diandalkan  dapat meminimalisir kolesterol dalam tubuh. Di samping kedua jenis makanan ini , kacang merah pun berisi serat larut. Anda dapat menjadikan bubur oat sebagai sarapan dan mencampurkannya dengan buah laksana pisang guna menambahkan kadar serat dalam makanan Anda.
  • Ikan dan asam lemak omega 3. Ikan laksana salmon, makarel, tuna, dan sarden berisi asam lemak omega 3 yang baik guna menurunkan desakan darah. Omega 3 memang tidak dominan pada kadar kolesterol jahat (LDL) darah, tapi bisa menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah. Konsumsilah minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu. Omega 3 mengurangi bisa jadi munculnya serangan detak jantung tidak beraturan serta meminimalisir kadar trigliserida dalam darah.
  • Avokad. Buah ini di antara yang kaya kandungan lemak tak jenuh. Usahakan guna mengonsumsi avokad dalam format buah, bukan dalam format jus yang sudah dibaur gula dan susu. Penderita kolesterol tinggi perlu memberi batas asupan lemak jenuh. Batas asupan lemak bosan pada wanita ialah 20 gram, sementara batas guna pria ialah 30 gram.
  • Makanan yang diperkaya sterol dan stanol. Fungsi dari kedua bagian ini ialah menghalangi tubuh guna menyerap kolesterol. Makanan yang berisi sterol dan stanol ialah kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah, dan minyak nabati, kecuali minyak kelapa sawit dan minyak kelapa. Minyak kelapa sawit dan minyak kelapa ialah jenis minyak nabati yang kaya bakal lemak jenuh. kita juga dapat mengonsumsi suplemen yang berisi sterol dan stanol. Konsumsi minimal 2 gram sterol atau stanol dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah minimal sepersepuluhnya.

Tiap makanan yang diterangkan di atas memberikan guna tersendiri, tetapi perubahan gaya hidup pun membantu dalam menurunkan kolesterol tinggi. Selain mengolah menu makanan, menurunkan kolesterol tinggi dapat dibarengi dengan berolahraga secara rutin, mengawal berat badan ideal, dan berhenti merokok.

Namun andai Anda telah menjalani hidup sehat dengan mengonsumsi Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi dan mengerjakan olahraga, namun kolesterol kita masih saja tinggi, usahakanlah hubungi dokter Anda.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s