Diet Mediterania

Mengapa dinamakan Diet Mediterania ? Nama ini merupakan suatu istilah yg mengadopsi dari behavior atau kebiasaan makan pada masyarakat di negara-negara yg berada di sekitar laut Mediternaia. Kebiasaan makan seperti ini sebenarnya bukan seperti orang diet.memang baik buat kesehatan dan baik juga sebagai cara menurunkan berat badan. Lebih tepatnya sebagai gaya hidup yang sehari-hari  dengan unsur-unsur jenis makanan, cara mengolah dan cara makannya, serta kegiatan-kegiatan fisik, olah raga dan lain sebagainya. Kebiasaan dan metode kakan masyarkat Mediterania tersebut aakhirnya di teliti oleh ilmuwan-ilmuwan yg berkepentingan pada bidang ini.Karena kebaikan-kebaikan dari metode orang Mediterania inilah, akhirnya bisa disebut sebagai Metode Diet Mediterania.

Inti dari Diet Mediterania ialah meliputi sederhanan –nya hidangan, tetapi  tetap menyehatkan  dan rasanya juga tetap lezat. Unsur-unsurnya dari  buah-buahan, kacang-kacangan , biji-bijian,minyak zaitun, rempah-rempah, pasta , kentang dan nasi. Campain dalam Diet Mediterania adalah orang yang ingin sehat harus banyak makan sayur-sayuran, buah-buahan segar, biji-bijian,dan juga kacang-kacangan, seperti kedelai, almod dan jenis kacang-kacangan lainnya.Sedangkan minyak zaitun adalah sumer lemak jenuh tunggal pada makanan. Selain itu Anda juga musti meminum anggur dengan jumlah sedang dan ditambah minum air putih tidak kurang dari 6 gelas setiap hari.

Untuk mendapatkan sumber protein dalam Diet Mediterania ini Anda bisa mengkonsumsi ikan segar, dading tanpa lemak misalnya daging ayam  dan daging unggas lainnya.Diet Mediterania merupakan cara diet  rendah lemak, cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol, karena dalam metode diet ini kita tidak menggunakan minyak sayur utk memasak atau mentega untuk membuat derssing salad.

Diet Mediterania disebut juga sebagai metode diet rendah kalori, tentu saja ini dikarenakan Diet Mediteraian sangat bagus untuk menjaga dan mengatur  berat badan.Penggunaan minyak utk memasak dalam menyiapkan menu diet mediterania ini sangat minim, itu pun hanya dengan minyak zaitun.Cara mengolah makanan pada Diet Mediterania ini dengan cara dibakar, dikukus dan dipanggang.

Cara Menyiapkan Menu Diet Mediterania :

  1. Siapkan bahan-bahannya berat seperti kentang atau daging.
  2. Bakar, kukus atau di panggang sesuai selera
  3. Siapkan piring di meja dilengkapi dengan minyak zaitun, saturan, rempah-rempah halus dan bumbu lain yg dibutuhkan.
  4. Siapkan juga buah-buahan dan tomat segar + pasta sebagai salad ( tersaji mentah tanpa dimasak )
  5. Siapkan air mineral.

Anda bisa menyantapnya dengan kombinasi sesuai selera.Misalnya pagi masak dengan dikukus, siang dengan dibakarjustify dan sorenya dipanggang, agar tidak membosankan.

Dengan menu makanan seperti tersebut Anda bisa menjalankan Cara Diet Mediterania dengan konsisten, tubuh Anda akan senatiasa sehat bugar dan konsisi berat badan Anda akan terkendali. Ingat minuman yg paling baik pada Cara Diet Mediterania ini dalah air putih, jangan pernah digantikan dengan minuman bersoda karena dipastikan akan merusak pola diet mediterania yang sedang Anda jalankan.

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan kebiasaan masyarakat di sekitar Laut Mediterania. Mereka senatiasa memilih makanan-makanan yg benar segar dan sehat.

Diet Mediterania untuk menurunkan berat badan

Dengan Diet Mediterania, Anda  akan bisa mengendalikan berat badan, dengan hanya memakan makanan yg menyehatkan tubuh. Untuk urusan ini sayuran  Anda hanya dikukus atau ditumis dengan minyak zaitun atau air, bisa juga ditambahkan bawang dan parika saat memanggang sayuran.Untuk makanan utama dalam Diet Mediterania  Anda menggunakan kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil kacang kedelai, almod dll. Untuk lauknya Anda bisa manggunakan daging unggal ( tanpa lemak atau ikan ). Untuk salad Anda menggunalan sayur-sayuran segar seprti wortel,seledri dan mentimun. Bumbu salad menggunakan minyak zaitun, rempah-rempah sebagai bumbunya. Diet Mediterania merupakan diet rendah gula, kalori dan lemak jenuh.Dan ini sangat efektif untuk menurunkan dan mengontrol berat badan Anda.

Ikan yang paling baik pada Diet Mediterania

Dalam Cara Diet Mediterania , Anda masih mengkonsumsi ikan dan daging tanpa lemak.Ikan yg baik adalah ikan salmon dan ikan sarden, yg sudah sudahterkenal mengandung omega 3 dan rendah lemak jenuh. Sedangkan daging  yg baik untuk diet Mediterania adalah daging unggas , daging ayam murni, dimana jenis daging tersebut rendah kolesterol dan baik bagi kesehatan jantung.

Buah dan sayuran untuk Diet Mediterania

Buah-nuahan  dan sayur-sayuran menjadi unsur yang paling dominan dalam menjalankan Cara Diet Meniterania.Buah-buahan dan sayuran akan memperlancar proses metabolisme tubuh, pencernaan sehat dan bersih sehingga tidak terjadi penumpukan / sumbatan lemak  pada saluran pencernaan, sehingga berat badan akan terkendali dengan baik.  Buah-buahan merupakan sumber gula alami dan mudah diurai menjadi energi. Buah-buahan yg umumnya dipergunakan dalam Diet Mediterania ini antara lain, strawberry, apel dan buah plum, karena buah-buahan ini banyak mengandung serat, folat, vitamin, potasium dan benyak mineral.
Jika buah dan sayuran yang dikonsumsi masih dinilai kurang secara kualitas dan kuantitasnya , Anda juga bisa menggunakan suplement diet yang alami, yang terbuat 100% dari buah-dan sayuran yang sudah direkomendasikan oleh ahli gizi dan pangan.

2 respons untuk ‘Diet Mediterania

  1. Ita Maulani berkata:

    Wah, menarik sekali program diet mediterania. Diet yang benar-benar bisa membuat kita bisa memiliki tubuh langsing sekaligus sehat. Caranya pun tidak sulit. Apalagi ditambah minum herbal. Wah, program diet bisa langsung cepat membuahkan hasil.

    Saya juga senang melakukan diet. Saya diet sejak masuk perguruan tinggi, sejak saya tahu tubuh saya makin gemuk. Tetapi, sekarang saya bisa mengendalikan tubuh saya dengan cara diet. Diet memang cara yang ampuh untuk membuah diri kita sehat, termasuk mengatur berat badan.

    Saya suka mengonsumsi obat herbal untuk kesehatan, termasuk biar tubuh tetap lansging. Apalagi setelah saya punya dua anak dan di kantor sering ada makan-makan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s