Tips Diet CARBO

Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Rendah Karbohidrat

Diet Carbo – Disebut karbohidrat ialah bagian dari nutrisi yang didapat dari banyak macam makanan dan minuman yang mengandung tepung dan gula. Kelebihan karbohidrat sangat memungkinkan untuk terjadi, apalagi pada sebagian besar orang indonesia yang menggunakan nasi sebagai makanan pokoknya, sebenernya selama ini mungkin tidak terpikir bahwa membatasi karbohidrat agar sesuai dengan kebutuhan aktivitas sehari hari merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas

Panduan utama melakukan diet rendah lemak

Diet rendah karbohidrat sebenarnya tidak memiliki definisi khusus,  hanya dengan menguranngi konsumsi karbohidrat dari kecukupan sehari hari. Umumnya, orang orang dewasa agar sehat disarankan mengasup karbohidrat 300-400g sehari. Namun saat diet biasanya diperbolehkan untuk mengurangi setengahnya menjadi 150-200g.

Pola aktivitas menjadi patokan utama untuk menyesuaikan pengurangan karbohidrat, juga harus dilakukan perlahan dalam mingguan atau mungkin bulan, tidak dalam beberapa hari saja. Bila anda menjalani aktivitas yang memiliki intensitas yang cukup tinggi, maka anda harus menghindari mengurangi asupan karbohidrat yang berlebih. Karena hilangnya massa otot dang menurunkan metabolisme akan menjadi mungkin bila anda terlalu sedikit mengkonsumsi karbohidrat, dan lagi, anda juga harus mengimbangi protein dan serat yang cukup dalam penurunan karbohidrat.

Apa yang lebih baik dimakan bila sedang menjalani Diet Rendah Karbohidrat?

Dalam Diet Carbo agar mencukupi, lebih baik anda mengganti sebagian karbohidrat yang dikurangi dengan mengkonsumsi daging, ikan, telur, dan kacang kacangan yang mengandung berbagai macam protein. Konsumsilah sayur sayuran, buah buahan, dan juga kelapa dan mentega untuk mempertahan kan rasa kenyang anda lebih lama.

 

Diet rendah karbohidrat sebenarnya tidak mengurangi kalori yang terlalu banyak, namun hanya menghindari pemasukan karbohidrat yang berlebih. Minuman manis dan makanan yang mengandung gluten, lemak trans, pemanis buatan, sirup jagung tinggi, fruktosa, serta makanan olahan tepung adalah faktor utama untuk dihindari, lebih baik bila memilih makanan yang mentah dan atau yang di olah terlebih dahulu daripada makanan kemasan.

Memakan nasi tetap diperbolehkan?

Bila hanya dikurangi jumlah asupanya, nasi tetap boleh di konsumsi. Ada juga makanan yang tergolong pokok yang mengandung karbohidrat yang dapat dikonsumsi selain nasi seperti ubi, kentang, oatmeal, kacang kacangan, dan jagung untuk mengurangi kekurangan tenaga.

Macam macam cara diet dengan rendah karbohidrat

Pengurangan asupan karbohidrat dan penggantian bahan makanan juga terbiasa di gunakan dalam metode diet rendah karbohidrat, yang tak lain adalah:

Diet Paleo

Adalah pola makan yang terdekat dalam dasar diet rendah karbohidrat, dikarenakan Diet Paleo menghindari olahan gula dan tepung. Diet Paleo menghindari juga kerbohidrat yang berasal dari olahan susu dan gandum. Sehingga, daging, telur ikan, sayur, umbi, buah, dan makanan laut menjadi makanan utama dalam Diet Paleo tersebut.

Diet Mediterania

Pada abad ke-20 atau pada peradaban Mediterania, diet ini pertama kali diperkenalkan dengan prinsip pemilihan jenis makanan yang juga menjadi syarat diet rendah karbohidrat. Sumber protein sayur sayuran, dan buah buahan merupakan sumber pertama asupan dalam Diet Mediterania. Diet Mediterania juga menhindari berbagai olahan daging dan susu dan juga asupan gula dan olahan yang mengandung karbohidrat sepenuhnya.

Diet Rendah Karbohidrat Tinggi Lemak

Jenis diet seimbang yang mengkonsumsi berbagai kecukupan nutrisi namun kadar karbohidratnya dipatok hinggan 100g saja perharinya, serta menghindari lemak dari makanan yang digoreng namun masih mengkonsumsi lemak dari olahan daging dan olahan susu.

Diet Ketogenik

Membuat tubuh dalam kondisi ketosis dimana tubuh menggunakan karbohidrat dari makanan untuk menhasilkan energi adalah tujuan dari Diet Katogenik yang lebih menekankan pola makan dengan jumlah protein dan lemak yang tinggi, serta jumlah karbohirdrat yang terlampau minim yaitu hanya 50g perhari saja.

Diet Atkin

Diet Atkin mempunyai beberapa fase dalam menurunkan asupan karbohidrat yang kemudian digantinya dengan kacang, sayur, dan buah sehinggan pada akhirnya tubuh akan membaur dengan makanan karbohidrat yang lebih sehat, Diet Atkin membatasi asupan karbohidrat hingga 20g, Ya, betapa sedikitnya, namun Diet Atkin tidak membatasi pengkonsumsian protein dan lemak. Diet ini juga dapat dilakukan oleh vegetarian, caranya hanya dengan mengkonsumsi gluten, kedelai, kacang, dan minyak tumbuh tumbuhan.

Diet Zero Carb

Diet Carbo atau Diet Zero Carbo yang satu ini tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali, melainkan makanan yang bersumber dari hewan atau sayur. Namun mengkonsumsi sayur dan buah seperti yang dianjurkan pada diet ini dapat memungkinkan terjadinya defisiensi Vitamin C dan vitamin lainya.

Contoh Menu Diet Carbo

 

Hal yang patut di perhatikan sewaktu menjalani diet rendah karbohidrat

Adalah tujuan utama dari diet rendah karbohidrat, yang tidak lain dan tidak bukan merupakan mengurangi berat badan, namun akan lebih penting memperhatikan faktor lain seperti stress dan gangguan tidur yang menyebabkan menurunya performa diet renda karbohidrat dan memicu kegemukan dan obesitas. Aktivitas fisik sehari hari juga sangat dianjurkan karena metabolisme akan dapat diatur lebih mudah dan mencegah hilangnya massa otot.

Konsistensi perilaku makan akan berpangaruh juga pada efek pola makan yang ini, anda harus lebih  memeperhatikan dan mempertimbangkan mengemil pada saat lapar, dikarenakan konsumsi makanan terlalu sering akan menyebabkan tubuh lebih susah untuk membaur dengan pola makan yang rendah karbohidrat. Asupan karbohidrat yang terlampau sedikit tanpa adanya adaptasi tubuh akan menimbulkan Yo Yo Effect yang menyebabkan berat badan bertambah menjadi lebih tinggi.

Demikian ulasan tentang Diet Carbo dan bagaimana cara menjalaninya dengan baik, agar apa yang menjadi tujuan diet bisa tercapai dengan baik.

Selamar manjalankan Diet Carbo, semoga berhasil dan sehat selalu.

support by:

Sumber: Tips Diet Mayo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s